-->

UTS PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN



KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
FAKULTAS EKONOMI

==========================================================================
MATA UJIAN                      : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
WAKTU                                : JUMAT – SENIN, 2 – 5 NOVEMBER 2012
SIFAT UJIAN                       : TAKE HOME

PETUNJUK MENGERJAKAN SOAL
1.       Jawaban diketik pada kertas ukuran kuarto, jarak 1 ½
2.       Dikerjakan secara urut
3.       Diserahkan pada hari Senin, 5 November 2012, antara pukul 10.00 – 10.30, di ruang transit dosen. Di serahkan sendiri-sendiri, dengan menandatangani daftar hadir.
SOAL
1.       Pendidikan Kewarganegaraan mencakup tiga aspek pokok, yaitu Civic Knowledge. Civic skill, dan Civic Dispposition.  Cobalah Saudara ambil satu materi mata kuliah ini ( ambil secara bebas ). Dari materi mata kuliah tersebut, tentukan Civic Konwledge, Civic Skill, dan Civic Dispositionnya (masing-masing lima )!

2.       Asas-asas kewarganegaraan yang dianut oleh UU No.12 tahun 2006 antara lain adalah asas (a) ius sanguinis, (b) asas ius solli terbatas, (c) asas kewarganegaraan ganda terbatas, (d) asas perlindungan maksimum, (e) asas publisitas, (f) asas non diskriminatif, (g) asas kebenaran substantive, dan (h) asas kepentingan nasional  Carilah dalam UU tersebut pasal-pasal yang  mendukung kebenaran dianutnya asas-asas tersebut. Tulis pasal dan bunyi pasalnya!

3.       Hak Asasi Manusia dapat dikelompokkan ke dalam (a) personal rights, (b) political rights, (c) procedural rights, (d) property rights, (e) social and cultural rights, dan (f) rights of legal equality. Bacalah UUD 1945 pasal 27 – pasal 34, UU No.39 tahun 1999 tentang HAM, dan The Universal Declaration of Human Rights PBB.

4.       Benarkah pemilihan umum itu merupakan sarana demokrasi? Uraikan pendapat Saudara!

5.       Tiap-tiap warga Negara mempunyai persamaan kedudukan. Jelaskan bagaimana realisasi persamaan kedudukan tersebut, sertakan buklti-bukti pendukungnya!.

6.       Susunan Negara Republik Indonesia adalah Negara Kesatuan. Pada awal reformasi mulai ada wacana untuk susunan Negara federasi. Terlepas dari pro dan kontra mengenai wacana tersebut, menurut Saudara, untuk Negara Indonesia, manakah yang lebih baik, apakah susunan Negara Kesatuan ataupah susunan Negara federasi. Jelaskan pendapat Saudara dengan diserta argumentasi yang akademis!

Share this:

No comments